PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


Yosephine
Yosephine
Member since:
January 2014
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Pertimbangkan Hal-Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Impian!

Published : 14 December 2015
|
20.372
0
0
|
Membeli rumah merupakan impian banyak orang. Rumah identik dengan tempat dimana kita dan keluarga atau orang-orang yang kita kasihi bisa berkumpul bersama, tempat kita beristirahat, tempat kita melakukan hal-hal yang kita sukai dan menghabiskan waktu setelah beraktifitas diluar. Sehingga sering kita dengar istilah “Home Sweet Home”, dan bukan merupakan hal yang aneh kalau pembelian rumah merupakan tujuan keuangan yang paling banyak diinginkan. Rumah juga merupakan aset terbesar yang dimiliki oleh seseorang karena value atau harganya yang tinggi terutama di lokasi-lokasi yang strategis. Karena harganya yang mahal maka pembelian rumah menjadi tantangan bagi sebagian besar orang untuk bisa mempersiapkan pembelian rumah yang sesuai dengan kebutuhan namun juga sesuai dengan kemampuan. Banyak hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan dan dipersiapkan pada saat akan membeli rumah :

Image Credit By www.antarafoto.com
  • Nilai Rumah
Rumah nilainya naik seiring waktu, bahkan di lokasi-lokasi yang strategis/banyak diminati kenaikan harga rumah sangat tinggi. Perhatikan pemilihan lokasi rumah dan fasilitas umum yang ada disekitar rumah yang ingin dibeli (sekolah, pusat perbelanjaan, perkantoran, industri/usaha) karena akan mempengaruhi nilai rumah.

Image Credit By www.usahaproperti.com
  • Cara Pembelian
Membeli rumah bisa dilakukan secara tunai maupun kredit. Jika pembelian dilakukan secara kredit maka akan ada bunga yang dikenakan. Kredit rumah yang biasanya ditawarkan bersifat kredit jangka panjang yaitu 10 tahun, 15 tahun atau 20 tahun. Namun saat ini ada juga pilihan pembayaran cash bertahap dan ada pula yang menawarkan kemudahan uang muka/down payment bisa dicicil. Jika rumah ingin dibeli dalam jangka pendek (1-2 tahun) maka persiapan dana dilakukan dengan menabung, namun jika jangka panjang (diatas 3 tahun) maka bisa berinvestasi agar dana yang dialokasikan bisa berkembang.

Image Credit By www.kolomrumah.com
  • Sertifikat Rumah
Jika dibeli dari developer maka sertifikat rumah adalah SHM (Sertifikat Hak Milik) dan akan dipegang oleh bank/lembaga financing jika kita melakukan pembelian rumah secara kredit. Namun jika kita membeli rumah dari perorangan maka jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap sertifikat rumah untuk memastikan keabsahan sertifikat dan tidak ada catatan seperti blokir, sita atau catatan lainnya.

Image Credit By www.citragardencity.com
  • Dana yang harus disiapkan
Pada saat membeli rumah yang perlu disiapkan bukan hanya uang sebesar harga rumah tersebut, namun biaya-biaya lainnya yaitu biaya yang terjadi pada saat proses jual beli mencakup biaya akta jual beli, BPHTB (Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan), biaya balik nama (jika dibeli dari perorangan bukan developer) , dan biaya-biaya yang harus dipersiapkan setelah rumah dimiliki yaitu pajak bumi dan bangunan/PBB, biaya operasional (listrik, air, telp), pembelian isi rumah/furniture dan perawatan.

Image Credit By www.futuredy.com
  • Kemampuan mencicil
Jika kita memilih untuk membeli secara kredit maka kita perlu memeriksa kemampuan mencicil atau batas cicilan yang sesuai dengan kemampuan kita. Idealnya cicilan utang maksimal 30% dari penghasilan kita, ini juga yang akan dicek oleh appraisal  bank pada saat kita mengajukan kredit. Kenapa dibatasi? Karena selain membayar cicilan rumah kita juga memiliki kebutuhan/pengeluaran lain yang harus dibayar jadi batas tersebut menjaga agar cicilan utang tidak menjadi beban. Jika kita sudah memiliki kredit lainnya seperti KPM (Kredit Pemilikan Mobil) maka porsi cicilan kredit mobil akan mengurangi porsi 30%, sehingga hanya sisanya yang bisa digunakan untuk cicilan rumah. Sebaiknya cicilan rumah jangan dilakukan berbarengan dengan cicilan mobil agar tidak memberatkan cashflow.

Image Credit By www.usahaproperti.com
  • Tujuan Penggunaan
Rumah bisa digunakan hanya untuk penggunaan pribadi/keluarga atau bisa dijadikan sebagai aset produktif dimana rumah bisa menambah penghasilan seperti disewakan/dikontrakan atau dijadikan tempat usaha. Tentukan tujuan penggunaan rumah sehingga kita bisa menikmati rumah yang dibeli dan mendapatkan manfaat sesuai yang diinginkan.

Image Credit By bisnis.news.viva.co.id
  • Kondisi Rumah
Kita bisa membeli rumah baru atau rumah orang lain. Kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika membeli rumah baru kondisi bangunannya baru, sesuai standard/belum dimodifikasi (jika dibeli diperumahan), namun jika kita membeli rumah orang lain terutama yang bukan diperumahan/dibangun oleh pemilik sendiri maka perhatikan dengan benar konstruksi bangunan, saluran air, instalasi listrik, dan hal-hal penting lainnya agar tidak ada masalah dikemudian hari.

Rumah yang kita beli dengan perjuangan akan menjadi aset kita dan keluarga jadi persiapkan dengan matang dan buatlah keputusan dengan bijak. Selamat membeli Rumah Impian!


Yosephine P. Tyas, S.Kom, MM, CFP®

Certified Financial Planner



Cover picture courtesy of blognyaanjrah.wordpress.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Berikut ini 7 quote inspirasi Walt Disney
by ResHan
Life Style

Bangun Mimpimu! 7 Quotes Inspirasi Walt Disney
Image Credit by ResHan
26.521
0
0
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To